Amaliahimida's Blog
Just another WordPress.com site

Profil Singkat Organisasi Profesi Persatuan Ahli Farmasi Inonesia

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Sejarah

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, yang selanjutnya disingkat PAFI adalah organisasi yang menghimpun seluruh rakyat Indonesia yang bhakti dan karyanya dibidang farmasi khususnya tenaga ahli farmasi profesi Asisten Apoteker (AA). Enam bulan setelah Proklamasi Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini, dibentuklah secara nasional PAFI. Yaitu tepatnya pada tanggal 13 Pebruari 1946 di Hotel Merdeka Jogyakarta dan sebagai anggota pendiri yang berjasa diangkatlah KetuaPAFI pertama, Bpk. Zainal abidin.

Pada awal kemerdekaan terjadi peperangan dengan Pasukan Belanda yang bertujuan ingin merebut kembali tanah jajahan mereka. Sebagai Ketua PAFI pertama Bpk. Zainal Abidin bersama Bpk. Kasiomendapat tugas untuk memindahkan perbekalan farmasi dan mesin-mesin yang berada di Manggarai (Jakarta) ke Jogyakarta, Tawangmangu dan Ambarwinangun dengan menggunakan sarana tranportasi kereta api. Bpk. Zainal Abidin dan teman-teman Asisten Apoteker lainnya pun akhirnya berhasil memindahkan perbekalan farmasi dan mesin-mesin tersebut, yang kemudian diberikan kepada para pejuang Republik Indonesia yang membutuhkannya.

PAFI merupakan organisasi farmasi tertua di Indonesia, bahkan Profesi Asisten Apoteker lebih dahulu muncul keberadaannya daripada profesi apoteker. Hal ini disebabkan karena pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, hanya pendidikan Asisten Apoteker yang mampu dijalankan, bahkan rintisannya harus dididik langsung di Negeri Belanda.

Terakhir Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dalam kepengurusan periode 2006-2009 telah terdaftar di Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik dengan Nomor : 010/0.III.2/I/2007. Serta telah dibuat akta notaris pendirian organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, tanggal 16 Agustus 2006.

Visi

PAFI adalah organisasi profesi yang bersifat kekaryaan dan pengabdian, dan mempunyai I visi PAFI sebagai organisasi farmasi terdepan yang profesional dan mandiri 2011. Serta, mempunyai misi untuk :

Misi

  1. Melaksanakan konsolidasi organisasi
  2. Memberdayakan anggota
  3. Meningkatkan kualitas SDM anggota
  4. Menjalin kemitraan bersama pemerintah dan non pemerintah

Tujuan

Tugas pokok PAFI adalah untuk meningkatkan pelayanan farmasi dan mengembangkan farmasi di Indonesia. Tugas khusus PAFI adalah:

  1. Terwujudnya manajemen dan jaringan yang kuat serta profesional dari Pengurus Pusat, Pengurus Daerah, Pengurus Cabang Kabupaten/ Kota, Penguru Cabang Khusus, dan Pengurus Komisariat
  2. Terlaksananya pendidikan Asisten Apoteker/ Tenaga Teknis Kefarmasian sesuai perkembangan dan ilmu teknologi
  3. Tertatanya Asisten Apoteker/ Tenaga Teknis Kefarmasian disemua sarana kefarmasian melalui peraturan pemerintah.

2 Responses to “Profil Singkat Organisasi Profesi Persatuan Ahli Farmasi Inonesia”

  1. Selamat siang,

    Kami, Klinik Mata Nusantara Semarang membuka kesempatan berkarir di KMN Semarang bagi lulusan apoteker dan asisten apoteker untuk ditempatkan di KMN Semarang.
    Bagi yang berminat dapat mengirimkan surat lamaran kepada :
    Klinik Mata Nusantara Semarang
    U.p. General Manager
    Jl. Ahmad Yani No. 164 Semarang 50136

    Demikian, terima kasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: